Tak Berkategori

PERTEMUAN REKONSILIASI SISTEM INFORMASI KELUARGA (NEW SIGA) PELAYANAN KB DAN PENGENDALIAN LAPANGAN TINGKAT KABUPATEN

Selasa (21/03/23), bertempat di Ruang Pertemuan Kecamatan Magetan Dinas PPPKBPP dan PA melaksanakan Pertemuan Rekonsiliasi Sistem Informasi Keluarga (New SIGA) Pelayanan KB dan Pengendalian Lapangan Tingkat Kabupaten.

Kegiatan diikuti oleh Penyuluh KB serta petugas pencatatan dan pelaporan pada tempat pelayanan KB. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka optimalisasi pencatatan dan pelaporan data guna meningkatkan cakupan dan kualitas data dan informasi keluarga.

Dalam sambutan Kepala Dinas PPKBPP dan PA Magetan, Ibu Dra. Furiana Kartini, menyampaikan bahwa cakupan data New Siga kita masih cukup rendah. “Kita tahu bahwa faskes punya data secara manual, namun data yang digunakan dan diakui adalah data dari new siga, untuk itu perlu dilakukan update data New Siga secara rutin, jika ada masalah di lapangan mohon segera di koordinasikan dengan PKB maupun bidang terkait”.

Selanjutnya Materi diberikan oleh admin data tingkat Kabupaten, Ibu Rina Sulistyowati, SKM, menurutnya rendahnya cakupan data menjadi kendala dalam melakukan intevensi karena data yang dipakai adalah data dari new siga. “Ada gap yang cukup besar antara data manual dan aplikasi new siga, untuk itu perlu dilakukan updating agar data dapat menggambarkan secara nyata kondisi yang ada di lapangan”

Data adalah sebuah aset dan alat untuk membantu melakukan intervensi dan pengambilan kebijakan serta perencanaan yang tepat untuk pelayanan masyarakat.

Dengan dilaksanakan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan penyediaan data yang valid dan terupdate melalui pencatatan dan pelaporan data Kependudukan dan Keluarga berencana , sehingga New Siga sebagai penyedia basis data Keluarga mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *